Blog Pembelajaran TIK dan Bahasa Inggris,yang menunjang kegiatan pembelajaran melalui internet. Siswa dapat belajar mandiri mempelajari materi dan berlatih mengerjakan soal on line untuk mengukur pemahaman atas materi yang telah dipelajari.

Thursday, September 1, 2016

Update GPOKi - GURU PEMBELAJAR ONLINE (DARING) DAN KOMBINASI

Dalam rangka peningkatan Kompetensi Guru sesuai hasil UKG 2015 lalu maka dikelompokan menjadi dua Jenis guru pembelajar(GP), yaitu GPO (Guru Pembelajar Online) dan GPOKi (Guru Pembelajar Online Kombiasi)
GPOKi(Guru Pembelajar Online Kombinasi / Guru Pembelajar Moda Daring Kombinasi). adalah Model pembelajaran bagi guru yang dilakukan secara Online dan offline (daring dan tatap muka) dengan didampingi oleh mentor serta difasilitasi oleh pengampu

Pada Online Kombinasi/moda kombinasi ini, peserta melakukan interaksi belajar secara online dan offline. Interaksi belajar online dilakukan secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi dan pembelajaran yang telah disiapkan sedemikian rupa, dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja / anytime and anywhere . Interaksi offline/tatap muka dilaksanakan bersamaan dengan peserta GPOKi lainnya di pusat belajar (PB) yang telah ditetapkan dan difasilitasi oleh seorang mentor.  Interaksi pada online kombinasi dapat dilihat pada Gambar berikut :




  
Interaksi Pengampu – Mentor: Pengampu mendampingi mentor dan berinteraksi dengan mentor secara online.
Interaksi Mentor – Peserta: Mentor mendampingi, berdiskusi dan berkoordinasi dengan peserta secara online da offline / daring dan luring (luar jaringan).
Interaksi Pengampu – Peserta: Pengampu memfasilitasi dan berkomunikasi dengan peserta secara online.
Pertemuan tatap muka dilaksanakan sesuai jadwal yang disepakati bersama antara peserta dan mentor.

Peserta Guru Pembelajar Online Kombinasi / GPOKi
GPOKi ini diperuntukan bagi guru dengan peta kompetensi hasil UKG nya memiliki 6 (enam) sampai dengan 7 (tujuh)  kelompok kompetensi yang nilainya dibawah KCM pada UKG 2015 lalu. (baca penjelasannya dalam raport UKG 2015)

Pada GPOKi, peserta akan dibimbing oleh mentor secara online dan offline di Pusat Belajar (PB).

Tempat kegiatan pendampingan dan tatap muka antara mentor dengan peserta pada GPOKi (Guru Pembelajar Online Kombinasi) dilakukan di Pusat Belajar sesuai kesepakatan antara mentor dan peserta. Pusat Belajar dapat menggunakan:
Kelompok Kerja Guru (KKG) / Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) / Gugus Belajar di Kabupaten/Kota, atau
Tempat Uji Kompetensi (TUK) di Kabupaten/Kota, atau
Sekolah tempat peserta bertugas mengajar.

Mekanisme Pelaksanaan Kegiatan GPOKi
Online kombinasi adalah gabungan antara online dan offline/tatap muka dengan komposisi 48 JP untuk interaksi online dan 12 JP (4 JP/pertemuan: sebanyak 3 pertemuan, yaitu Minggu I, III, dan VI) untuk interaksi offline/tatap muka di PB bersama mentor. Pada setiap pertemuan tatap muka, mentor harus menyiapkan daftar hadir dan berita acara yang harus dilaporkan ke UPT dan akan menjadi lampiran pada pelaporan pertanggungjawaban kegiatan.

Aktivitas pembelajaran peserta pada GPOKi dijelaskan pada Tabel 1 berikut.





Pada saat tatap muka di PB, peserta bersama mentor akan melaksanakan kegiatan pembelajaran selama total 12 JP, dengan struktur program pada setiap tatap muka seperti pada Tabel 2




Aktivitas pembelajaran peserta pada GPOKi

 a.    Kegiatan Awal
Kegiatan pada moda ini diawali dengan pengenalan konsep dan sistem GPOKi yang dipandu oleh mentor di pusat belajar yang telah ditentukan. Peserta akan masuk (login) ke dalam LMS sesuai dengan nama pengguna (username) dan kata kunci (password) yang sudah ditentukan. Selanjutnya, peserta akan melaksanakan aktivitas pembelajaran bersama mentor di PB sesuai dengan struktur program TM-1 yang tertuang pada Tabel 2 diatas. Pada akhir pertemuan, mentor membimbing peserta membuat rencana belajar selama 6 minggu.

b.    Kegiatan pada Sesi Pembelajaran
Kegiatan pada sesi pembelajaran adalah kegiatan inti dimana peserta melaksanakan pembelajaran online dan offline, baik secara mandiri maupun terbimbing oleh mentor. Pada kegiatan ini, peserta melakukan aktivitas-aktivitas untuk mencapai target kompetensi dan hasil belajar yang telah ditentukan sebelumnya dan dibuktikan dengan tugas dan tagihan. Untuk GPOKi ini, peserta dan mentor bertemu secara offline/tatap muka di Pusat Belajar (PB) untuk berdiskusi dan membahas hal-hal yang terkait dengan pembelajaran. Tatap Muka ke-2 (TM-2) pada sesi pembelajaran dilaksanakan di pertengahan sesi antara sesi 2 dan 3, dengan struktur materi seperti tertuang pada Tabel 2. Pada setiap akhir sesi, peserta akan mengerjakan tes sumatif sesi.

c.    Kegiatan Akhir
Kegiatan akhir dilaksanakan secara online dan offline di pusat belajar pada minggu ke 6 (sesi penutup), untuk meyakinkan bahwa semua tugas maupun tagihan yang dipersyaratkan pada pembelajaran GPOKi telah terunggah seluruhnya dan dapat dipertanggungjawabkan. Pada kegiatan tatap muka ke-3 (TM-3), peserta akan melaporkan hasil pembelajaran online mulai dari awal hingga akhir dengan membawa seluruh bukti yang dapat dipertanggungjawabkan untuk di reviu dan divalidasi oleh mentor.

catatan;
*Jika terdapat satu dan lain hal yang menjadi pertimbangan sehingga peserta harus beralih offline/moda ke tatap muka, maka wewenang dan tanggungjawab untuk mengalihkan peserta tersebut diberikan kepada Dinas.
Peserta yang ditetapkan mengikuti GPOKi, namun memiliki kriteria sesuai dengan GPO – model 2 dan akan dialihkan, maka wewenang dan tanggungjawab pengalihannya diserahkan kepada UPT.

Disadur dari www.guru-pembelajar.com ,   jetjetsemut.blogspot.co.id/, info Guru online dll

Reactions:

0 comments: