Blog Pembelajaran TIK dan Bahasa Inggris,yang menunjang kegiatan pembelajaran melalui internet. Siswa dapat belajar mandiri mempelajari materi dan berlatih mengerjakan soal on line untuk mengukur pemahaman atas materi yang telah dipelajari.

Thursday, March 14, 2013

Check Data Guru / PTK di p2tkdikdas.kemdikbud.go.id

             Tahun-tahun sebelumnya Guru/PTK tidak pernah mempersoalkan atau kurang peduli akan data dirinya. Seiring dengan perkembangan ICT , tahun 2013 dan selanjutnya diberlakukan pendataan sekolah secara online, maka semua unsur data sekolah termasuk PTK akan diupdate datanya berdasarkan data pada DAPODIK sekolah yang tentunya sudah diisi melalui aplikasi pendataan sekolah dan dikirim ke server pusat dapodik. Untuk melihat data Anda klik pada gambar.


Sudah pasti semua akan berpengaruh  pada guru yang sudah bersertifikat pendidik alias Guru yang sudah Profesional, mulai tahun 2013 penerbitan SK Tunjangan Profesi atau yang lebih dikenal dengan SK Dirjen akan didasarkan pada dapodik yang diupload ke Pendataan Sekolah. Oleh karena dari itu mari kita pantau dan cek kualitas data PTK yang telah masuk di Dapodik.

Untuk check data tiap guru sudah sesuai atau belum, klik link http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id
Setelah masuk halaman utama, terdapat login box yang dapat kita gunakan dengan cara :
Masukkan NUPTK sebagai username serta tanggal lahir sebagai password dgn format YYYYMMDD. Sebagai contoh jika tgl lahir anda 2 Agustus 1986 passwordnya: 19860802
Jika login gagal, akan ada keterangan mengenai alasan kegagalan di bawah form.

Jika muncul informasi NUPTK tidak ditemukan, ada beberapa kemungkinan. 
1) Kolom NUPTK belum diisi pada data Dapodik anda; 
2) Kolom NUPTK anda diisi namun salah ketik. 
3) Data Dapodik belum ter-import ke basis data.
Jika login berhasil maka akan muncul data PTK seperti ini :


Ada 20 field data yang dapat ditampilkan, untuk melihat kelanjutan data letakkan kursor pada tabel data, kemudian gunakan tombol arah/panah ke bawah, sehingga akan tampil seperti ini ..




Yang perlu diperhatikan pada data tersebut, PTK harus baca terlebih dahulu
Info Tentang Kelengkapan Data PTK Pada Dapodik Terkait Tunjangan

Yang terpenting pastikan data PTK kita yang terisi pada Dapodik Sekolah, yang dientry oleh Operator Sekolah benar-benar lengkap dan valid. tanyakan pada operator dapodik sekolah mengenai data anda, atau anda dapat baca..Cara Cek Dapodik Sekolah Melalui Pendataan Dikdas Kemdikbud

untuk melihat pertanyaan dan jawaban yang berkaitan dengan kesalahan data KLIK DISINI

bagaimana cara memperbaiki data yang belum valid KLIKDISINI

Semoga bermanfaat ....  
(Reference berbagai sumber)

Reactions:

0 comments: