Blog Pembelajaran TIK dan Bahasa Inggris,yang menunjang kegiatan pembelajaran melalui internet. Siswa dapat belajar mandiri mempelajari materi dan berlatih mengerjakan soal on line untuk mengukur pemahaman atas materi yang telah dipelajari.

Friday, November 30, 2012

Uji Publik Kurikulum Baru 2013

Hiruk pikuk perdebatan Kurikulum baru yang rencananya akan diujipublikan bulan Desember 2012 ini terasa dikalahkan oleh berbagai peristiwa nasional bahkan internasional seperti piala AFF dimana tidak dinyana-nyana TeamNas bisa mengalahkan Singapura lewat gol spektakulernya Andik Anak asli jember itu yang bermain di Persebaya, lalu yang tak kalah menariknya unjuk rasa kaum nahdliyin akibat salah ucap dari si tampan Sutan Batugana, atau berita tentang Jokowi yang selalu membuat gebrakan dalam pemerintahannya di DKI. Belum lagi kabar penjambretan seorang ibu guru dan lain-lain.
Berikut berita terupdate dari harian nasional Kompas tentang Kurikulum 2013 yang menurut rencana akan dilaunching pertengahan 2013 itu,

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji publik pengembangan kurikulum 2013 telah dimulai sehingga semua elemen masyarakat dapat berpendapat dan memberi masukan untuk penyempurnaan calon kurikulum pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ini. Masyarakat umum bisa berpendapat dan memberi masukan melalui situs http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id.
Dari laman yang sama pula, masyarakat dapat mendapatkan drafkurikulum baru dan alternatif yang ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait teknis pelaksanaannya.
"Kalau tidak setuju bisa dikatakan di situ. Tidak setujunya kenapa, bagusnya bagaimana. Jangan dibatalkan," ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, di sela Uji Publik Pengembangan Kurikulum 2013 di Hotel Mega Anggrek, Kamis (29/11/2012).
Sejak Jumat (30/11/2012) pagi, halaman tersebut sulit diakses. Namun, siang ini, laman resmi uji publik kurikulum 2013 bisa diakses dengan mudah.
Selain dilakukan secara online, uji publik yang dijadwalkan dari tanggal 29 November-23 Desember itu rencananya akan dilakukan melalui roadshow ke lima kota besar dan 33 kabupaten/kota di Indonesia.
Nuh mengatakan, pendapat masyarakat luas sangat dibutuhkan agar dapat mengoreksi kekurangan yang ada pada kurikulum yang akan diluncurkan pertengahan 2013 mendatang itu. Masukan tersebut akan digunakan untuk menyempurnakan formula kurikulum 2013.
"Silakan berpendapat. Kami terima masukannya. Mana yang harus diperbaiki, mana yang kurang," ungkap Nuh.

Reactions:

0 comments: