Blog Pembelajaran TIK dan Bahasa Inggris,yang menunjang kegiatan pembelajaran melalui internet. Siswa dapat belajar mandiri mempelajari materi dan berlatih mengerjakan soal on line untuk mengukur pemahaman atas materi yang telah dipelajari.

Sunday, August 7, 2011

Telaga Sarangan

Terletak di Propinsi Jawa Timur  tepatnya di Kabupaten Magetan kurang lebih sekitar 15 km dari pusat kota Kabupaten Magetan.

 Telaga Sarangan, pemandangannya akan menyejukan mata, karena disana kita  dapat melihat telaga yang luas dan hamparan pegunungan hijau berderetan disekitar Gunung Lawu yang menjulang tinggi. Kesejukan yang tercipta alami dengan air telaga yang tenang dan menjadi cermin dari pegunungan dan gunung di sekelilingnya. Udara sejuk pegunungan bisa Kita nikmati karena Telaga Sarangan terletak pada ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan laut.




Di pinggir telaga sebelah timur tersedia sepeda air yang menyerupai bebek dan boat. Ini dapat menjadi sarana bagi Kita yang ingin mengelilingi telaga melalui air. Atau Kita berkeliling dengan menyewa kuda yang ditawarkan penduduk sekitar dengan ongkos yang cukup murah. Pasti kalau berkeliling menunggang kuda akan dapat menyenangkan buah hati Kita. Tetapi bagi Kita yang ingin menikmati pemandangan disekitar secara detil dapat Kita lakukan dengan berjalan kaki itung itung sambil berolahraga. Kita juga akan menjumpai hutan pinus di lereng pegunungan di sekeliling Telaga Sarangan. Suasana yang sejuk , segar dan indah pasti akan membuat olahraga menjadi menyenangkan.



Tidak hanya Telaga Sarangan di sebelah pojok barat selatan, terdapat pintu masuk menuju air terjun. Ada tiga buah air terjun yang dapat Kita kunjungi di sini yaitu air terjun Watu Ondo, Pundak Kiwo, dan Jarakan. Di dekat pintu masuk salah satu air terjun ini, ada bekas pesawat yang dijadikan monumen. Pesawat tersebut didatangkan dari Pangkalan Udara TNI AU Iswahyudi yang berada di Kec. Maospati kabupaten Magetan sekitar 30Km dari Telaga Sarangan.Jalan menuju air terjun tidak sulit, bahkan setengah perjalanan bisa dilakukan dengan mobil. Perjalanan menuju air terjun akan menjadi perjalanan yang menyenangkan. Kita akan melewati lereng gunung yang digunakan untuk perkebunan. Kita juga dapat melihat berbagai tanaman sayuran yang mungkin jarang ditemui di kota. Hal ini dapat menjadi sarana pembelajaran yang menarik untuk anak – anak Kita.
Setelah puas berkeliling,  tentuka Kita merasa lapar, tetapi jangan kawatir, Kita bisa menikmati makanan khas Telaga Sarangan yaitu sate kelinci dan lontong yang banyak ditawarkan di sekeliling telaga ini atau silakan mampir di berbagai restaurant yang berdiri di pinggir-pinggir jalan yang mengelilingi telaga . Sate yang jarang ditemui di daerah lain rasanya gurih dan lezat, karena dengan daging yang lembut dan empuk dapat membuat Kita sulit melupakan dan pasti ketagihan. Harga yang ditawarkan lebih cukup terjangkau untuk Kita apalagi pelancong dari Jakarta harga pasti murah. Makanan lain yang dapat Kita nikmati  adalah nasi pecel. Daerah Sarangan yang terletak di wilayah Kabupaten Magetan bertetangga dengan Kota Madiun yang terkenal dengan bumbu dan sambal pecel. Pecel ini menjadi istimewa karena bumbu kacangnya yang nikmat ditambah aneka gorengan sebagai lauk pauknya. Selain itu ada berbagai jenis makanan khas magetan seperti rujak petis, tepo tahu kecap, krupuk bersa, krupuk lumping, renginan dll.
Di sekeliling telaga terdpat banyak penginapan. Ada dua Hotel berbintang dan banyak sekali hotel kelas melati yang dapat menjadi tempat Kita bermalam. Hotel yang saling bersaing ini menawarkan harga yang cukup terjangkau. Kita dapat menginap di ruangan dengan 2 kamar tidur, kamar mandi dan ruang tamu dengan harga sekitar Rp450.000 s.d. 700.000,- untuk semalam. Atau ada juga yang hanya 1 kamar dengan harga yang lebih murah. Tempat penginapan ini juga menyediakan air panas untuk mandi dan minum. Umumnya, hotel melati ini berlantai 2 sehingga Kita dengan leluasa dapat menikmati Telaga Sarangan dengan sudut pandang yang luas. Silakan pilih sesuai minat dan kemampuan budjet wisata Kita.


Investasi spektakuler 2011 klik disini!!!!!


Berwisata ke suatu tempat kurang pas dan lengkap tanpa oleh-oleh. Begitu juga di Telaga Sarangan, Kita bisa membeli berbagai pernak pernik cindera mata dari kalung hasil kerajinan masyarakat setempat, berbagai jenis pakaian dewasa dan anak-anak baju dan kaos yang bergambar pemandangan Telaga sarangan, bahkan jaket dan sepatu kulit buatan Industri Kecil sepatu dan jaket di sekitar Kabupaten Magetan bisa anda beli di sana dengan harga yang tidak lerlalu mahal. Atau kalau ingin pusat oleh-oleh sepatu , jaket serta wayang kulit buatan Industri kulit di Magetan kita bisa datang  ke pusat kota Magetan yang jaraknya tidak jauh dari Telaga Sarangan. Makanan khas oleh-oleh dari Telaga Sarangan dan Magetan juga bisa aKita beli disana. Selamat Bertamasya ke Telaga Sarangan. Wisata Alam Lokal yang Indah dan mempesona…sesuai lagunya yang diciptakan Pak Gesang….
Sejuk sunyi………..damai tenang…………….Telaga Sarangan..Indah bukan buatan…pemandangannya untuk bertamasya….dikakinya gunung Lawu di situ letaknya…Kagum aku memandang keindahanmu rahasia Alam….
(sumber http://kumpulan.info/ , wikipedia Indonesia dan berbagai sumber lain yang mendukung)


Reactions:

2 comments:

huaaaa, kangen pengen kesini lagi :")

Yup..nice, thanks for your comment come and come again to Sarangan lake...the nice place for rest with your family and friends