Blog Pembelajaran TIK dan Bahasa Inggris,yang menunjang kegiatan pembelajaran melalui internet. Siswa dapat belajar mandiri mempelajari materi dan berlatih mengerjakan soal on line untuk mengukur pemahaman atas materi yang telah dipelajari.

Friday, August 12, 2011

NgeBlog di Wordpress 1 (serial)

Belajar membuat Blog di Wordpress secara Offline
Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan blog. Hampir semua kalangan generasi mampu membuat blog. bahkan anak-anak TK pun sudah ada yang mampu membuat blog walaupun masih sederhana. Nah, untuk kali ini mari kita belajar membuat blog di wordpress, tetapi kita
membuat secara offline dulu, mengingat koneksi internet di sekolah kita yang kurang begitu baik, masih dalam rangka perbaikan.

1.    Instal WordPress Offline atau di Localhost
Pertama yang harus kita lakukan  untuk instalasi wordpress pada wordpress offline (Localhost), dengan menyediakan source yang kita perlukan sebagai proses instalasinya. Yaitu xampp win-32 1.6.1 installer packages dan wordpress 2.2.1 (atau yang terbaru)


Download XAMPP dan WordPress
Untuk proses awal kita membutuhkan aplikasi XAMPP yang bisa kita download d sini: http://www.apachefriends.org/download.php?xampp-win32-1.6.1-installer.exe
Atau kita bisa men-download-nya dari web source yang lain. Selain itu kita juga biasa memilih untuk men-download XAMPP versi 1.6.1 yang sudah komplit dalam satu paket beserta installer win-32. Dan juga jangan dilupakan, untuk men-download wordpress versi terbaru dari : http://www.wordpress.org/download/.
2.    Instalasi XAMPP
Setelah XAMPP dan WordPress kita download, mari kita memasuki proses instalasi (catatan: kebetulan saya melakukan instalasi ini dengan menggunakan PC yang berbasis intel yang menggunakan Windows XP). Buka dan install xampp paket instalasi, dan tentukan pada drive mana kita akan menginstal-nya
Ikuti petunjuk instalasi sampai XAMPP sukses terinstall (proses instalasi sangat mudah, seperti halnya instalasi untuk software-software PC lainnya)
Control Panel XAMPP
Setelah proes instalasi selesai, maka jalankanlah XAMPP tersebut. Begitu XCAMPP dijalankan dan telah terbuka, tekan tombol start untuk memulai layanan Apache dan MySQL (tombol start masing-masing berada di samping kanan peunjuk Apache dan MySQL) dan tunggu sampai tulisan ‘Running’ berubah menjadi hijau.


3.    Konfigurasi User detil MySQL
Setelah XAMPP (dengan Apache server dan MySQL) telah berjalan, itu artinya PC kita telah berfungsi juga sebagai server offline (local host). Yang itu berarti kita sudah bias mengakses local host tersebut melalui Web Browser yang kita miliki (IE, Firefox, Opera dan lainnya). Coba akses alamat: http://localhost/ melalui address bar pada browser kita, apabila instalasi yang kita lakukan benar, maka browser yang kita miliki akan membuka halaman Interface XAMPP pada browser kita (halaman tersebut adalah berfungsi seperti cPanel webhost kita).
Sekarang yang pertama kali kita perlu lakukan adalah memodifikasi seting sekuriti XAMPP kita. Kita dapat mengubah password untuk akses ke MySQL dan direktori XAMPP melalui halaman alamat ini: http://localhost/security/xampsecurity.php


4.    Cara Membuat Database untuk WordPress
Setelah kita mengkonfigurasi seting sekuriti MySQL, maka kita sekarang dapat mulai membuat database MySQL yang nantinya digunakan untuk WordPress melalui interface PHPMyAdmin. Buka melalui sidebar XAMPP dan buat database baru, untuk contoh dibawah ini database baru tersebut dinamai wordpress.



5.    Instalasi WordPress di localhost
Sekarang kita akan mulai masuk untuk mengkonfigurasi WordPress kita ke localhost. Kita mulai dengan meng-ekstract file .zip wordpress kita di folder htdocs yang ada di dalam folder XAMPP yang telah kita install di awal tadi (buka menggunakan windows explorer). Htdocs folder berfungsi seperti public_html apabila kita menggunakan web hosting server. Dan windows explorer kita anggap saja seperti FTP yang ada di Web hosting server kita.
Setelah kita meng-ekstrak source wordpress kita ke dalam folder htdocs, sehingga di dalam folder htdocs akan ada folder baru dengan nama wordpress, buka folder wordpress tersebut dan buka file wp-config-sample.php menggunakan notepad (atau menggunakan text editor lainnya). Kita hanya perlu memodifikasi 3 baris di file ini, yaitu; DB_NAME, DB_USER dan DB_PASSWORD yang dalam contoh ini berturut-turut di udah dengan wordpress (untuk DB_NAME), root (untuk DB_USER) dan test (untuk DB_PASSWORD). Setelah selesai, maka simpan file yang telah dimodifikasi tersebut dengan nama wp-config.php.
Setelah itu, buka browser kita dan tulis alamat berikut ini di address bar-nya: http://localhost/wordpress/wp-admin.php/install.php dan lanjutan penginstalan wordpress ini sesuai petunjuk penginstalan yang ada. Setelah instalasi selesai, maka blog wordpress kita telah siap untuk digunakan. Dan alamat untuk meng-aksesnya yaitu di alamat: http://localhost/wordpress/
Dan proses instalasi WordPress offline telah selesai, 
Bagaimana? Mudah bukan?Mari Kita mencoba.! Langkah demi langkah dan Jangan takut salah! (Reference:mastergomaster.wordpress.com)

Reactions:

2 comments:

bagus tutorialnya untuk peserta didik yang sedang belajar blogging

salam

Tutorial disini sangat membantu saya dalam proyek pembuatan simulasi peserta didik dalam membuat blog.
Ada 1 pertanyaan:
Apakah blog offline ini bisa diterapkan di LAN ya?
Untuk jawabannya saya sampaikan terima kasih.

Sukses selalu...!