Blog Pembelajaran TIK dan Bahasa Inggris,yang menunjang kegiatan pembelajaran melalui internet. Siswa dapat belajar mandiri mempelajari materi dan berlatih mengerjakan soal on line untuk mengukur pemahaman atas materi yang telah dipelajari.

Wednesday, April 6, 2011

Apa Itu WWW


World Wide Web, atau yang biasa disebut Web, adalah suatu kumpulan informasi pada beberapa server komputer yang terhubung antara satu dengan yang lain dalam jaringan Internet. Informasi dalam web mempunyai link yang menghubungkan informasi ke informasi lain didalam Internet. Link memiliki tanda khusus, baik berupa teks bergaris bawah dan berwarna, ikon atau bisa juga berupa gambar. Bila anda ingin mengetahui apakah teks atau gambar merupakan link dari suatu informasi lihatlah perubahan pada penunjuk mouse. Jika berubah menjadi gambar tangan, maka tulisan/teks dan gambar tersebut merupakan link dari suatu informasi yang terdapat di Internet.



WORLD WIDE WEB
Dalam bekerja dengan Web terdapat dua hal yang penting yaitu Web Browser atau yang lebih dikenal Browser dan Software Web Server. Kedua software seperti sebuah sistem Client-Server. Web browser bertindak sebagai client dan Web server sebagai server. Client memungkinkan Anda untuk mengiterprestasikan dan melihat informasi pada Web sedangkan server memungkinkan Anda untuk menerima informasi yang diminta oleh browser.
BAGAIMANA WWW DITEMUKAN?
Tiga huruf itu sangat akrab dengan kita. World Web Wide. Tidak banyak yang tahu bagaimana perkembangannya sampai WWW selalu mengawali alamat setiap situs di Internet. "Pada awal 1990-an, satu-satunya cara mendapatkan informasi yang tersimpan di begitu banyak komputer sangat menarik," ungkap Paul Kunz, ilmuwan asal Stanford Linear Accelerator Center (Slac) seperti yang dikutip BBC News baru-baru ini. Kunz adalah orang yang pertama kali memasang server Web di luar Eropa pada desember 1991.
Pada saat itu, sebuah proses login hanya akan memberi akses ke sumber mesin itu saja. Menyalakan komputer sama artinya dengan login dan menggunakan serangkaian perintah berbeda untuk mengolah data. Maka Web sangat mengundang perhatian Kunz setelah Tim Berners-Lee memperlihatkan bagaimana temuannya mampu mengubah basis data berkas-berkas fisika yang rumit menjadi mudah dicerna di layar komputernya.
Namun kemudian, pengembang teknologi lain juga melakukan hal serupa, yakni ketika beberapa orang memegang dokumen kunci yang sama dan mampu mengaksesnya dengan memakai aplikasi bernama File Transfer Protocol (FTP). 

Reactions:

0 comments: