Blog Pembelajaran TIK dan Bahasa Inggris,yang menunjang kegiatan pembelajaran melalui internet. Siswa dapat belajar mandiri mempelajari materi dan berlatih mengerjakan soal on line untuk mengukur pemahaman atas materi yang telah dipelajari.

Thursday, February 17, 2011

Sekolah dan Lingkungan sebagai Sumber Belajar

Menurut Bloom (Teoru Mastery Learning) menolak anggapan tentang adanya murid yang bodoh dan pintar. Murid hanya dapat dibedakan dari yang cepat dan yang lambat. Selain itu menurut teori Mastery Learning semua yang dapat dipelajari oleh orang lain bisa dipelajari oleh siapapun. Sehingga melahirkan bentuk belajar mandiri. Belajar mandiri adalah suatu kondisi dimana seseorang mengambil inisiatif dengan atau tanpa bantuan orang lain (Malcolm Knowles).

Menurut Bruce Miller, belajar mandiri adalah cara belajar yang sebagian besar dibawah kendali murid-murid itu sendiri

Filsafat pendidikan yang ditokohi oleh Peter dan Hirst dikembangkan oleh Cornell Ham yaitu :
“Belajar tidak lagi tergantung pada mengajar karena ada atau tidak ada proses mengajar, proses belajar tetap berlangsung. Untuk lebih produktif murid harus dilengkapi dengan berbagai perlengkapan belajar (lembar tugas + lembar kerja murid)”
Menciptakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar

Ada dua cara untuk menciptakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar : 1. Melengkapinya dengan berbagai sumber belajar misalnya di sekolah dibuat kolam ikan, kebun sekolah, pemeliharaan ternak.(sesuai kondidi sekolah), ruang Komputer, Laboratorium bahasa, Perpustakaan yang memiliki berbagai macam koleksi buku. 2. Memanfaatkan sumber belajar yang maksimal

Melengkapi sekolah dengan sumber belajar contoh :

· Herbarium, berupa daun-daun / bunga yang dikeringkan

· Mengumpulkan serangga (insektarium)

· Mengumpul biji-bijian

· Mengumpulkan batu-batuan

· Kebun sekolah

· Ternak sekolah

· Mengembangkan Pusat Sumber Belajar (PSB)

PSP adalah suatu tempat melakukan berbagai kegiatan belajar murid, dapat berupa ruangan, sudut ruangan atau ruang khusus tempat meringkas, pengamatan, mendengar calset, simulasi atau percobaan. Maka harus dilengkapi dengan :

Alat perlengkapan berupa alat peraga, alat bantu contoh gunting, karton, plastik dan sebagainya
Sumber belajar : buku pelajaran, majalah, koran, herbarium dan sebagainya
Media elektronik : caset audio, video, radio, TV.

Benda tersebut ditempatkan berdasarkan :
Menurut jenisnya
Menurut mata pelajaran ( Dari berbagai sumber)

Reactions:

0 comments: